Rutin Mengganti Oli untuk Bahan Bakar yang Lebih Hemat

By administrator 09 Jan 2020
 

Setiap kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar untuk membantu  proses pembakaran, konsumsi bahan bakar setiap kendaraan ini juga berbeda – beda. Banyak faktor yang membuat konsumsi bahan bakar ini berbeda, salah satunya adalah perawatan yang dilakukan pada kendaraanmu. Ketika kamu merawat mobil dengan benar, konsumsi bahan bakar juga akan semakin rendah, begitu juga sebaliknya.

Salah satu cara merawat mobil dengan baik adalah rutin melakukan servis sesuai arahan yang ada pada buku panduan manual. Servis mobil yang kamu laku kan ini akan menjaga kinerja mesin tetap maksimal dan membantu kamu menghemat konsumsi bahan bakar. Selain melakukan servis yang teratur, kamu juga harus rajin mengganti oli mobil sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu setiap 10.000 km atau setiap enam bulan sekali.

Mengganti oli secara rutin ini sangat disarankan, sebab oli yang tidak diganti terlalu lama akan menjadi kotor. Oli yang kotor ini akan berkurang fungsinya saat melumasi komponen mesin dan akhirnya membuat mesin mobil menjadi cepat rusak serta menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil meningkat menjadi lebih boros.

Sebelum mengganti oli, ada baiknya kamu memilih jenis oli yang paling sesuai dengan kebutuhan mobilmu. Apakah kamu bisa menggunakan oli sintetis, atau harus menggunakan oli konvensional. Kalau kamu ragu, kamu dapat mengikuti buku petunjuk atau bertanya langsung kepada petugas yang memeriksa kendaraanmu mengenai oli mana yang lebih cocok untuk mobilmu. Jangan sampai kamu memilih oli yang akan membuat konsumsi bahan bakar mobilmu meningkat, karena oli 5W-30 dan 0W-30 mampu menghemat konsumsi bahan bakar sekitar tiga persen dibandingkan dengan oli 10W-40 dan 5W-40.

Jangan lupa juga untuk mengganti filter oli, sebab filter oli yang kotor ini juga akan berpengaruh pada proses pembakaran di dalam mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar mobilmu. Jadi, laku kan perawatan sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan dari pabrik agar mobil tetap nyaman dikendarai serta lebih hemat bahan bakar.