Pilih Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic

By administrator 28 Sep 2018
 

Pelumas mesin memiliki banyak fungsi untuk kendaraan, Salah satu fungsi oli motor untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin kendaraan, dan berfungsi juga sebagai pendingin dari panasnya proses pembakaran di dalam silinder. Tentunya setiap motor membutuhkan oli motor terbaik untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara.
Banyak nya tipe skutik di Indonesia membuat semakin banyaknya pilihan oli motor untuk matic. Yang wajib diingat saat membeli oli motor adalah pelumas mana yang cocok untuk motor matic anda agar perfoma mesin bisa tetap terjaga, dan gantilah oli secera rutin sesuai waktu dan jarak tempuh.
Saat memilih oli ada beberapa pertimbangan yang harus kalian lakukan:

1. Sesuaikan Dengan Jarak Tempuh
Pemilihan oli motor jangan sembarangan, lebih dulu lihat rutinitas keseharian anda. Jika anda sering melewati lalu lintas yang padat dan membuat motor sering berhenti atau stop and go maka motor anda memerlukan oli motor yang memiliki zat aditif.
Motor yang sering berhenti dalam keadaan mesin menyala akan membuat mesin cepat panas, dan zat aditif berfungsi untuk mengurangi panasnya mesin kendaraan.

2. Tingkat Kekentalan
Pelumas yang dibutuhkan oleh motor matic berbeda dengan motor manual, oleh karena itu pilih lah oli dengan tingkat kekentalan yang tepat. Sebaiknya jika Anda mencari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matic.

3. Pilih Yang Berkualitas
Pelumas yang berkualitas adalah oli motor yang memiliki sertifikat API dan JASO, sertifikat API menunjukan bahwa oli ini telah diuji oleh Amerika Petroleum Institute dan banyak dipakai di Negara Eropa. Sedangkan JASO ini berarti oli telah di cek kualitas oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini juga banyak dipakai di Jepang.