Menghidupkan Motor yang Sudah Lama Disimpan

By administrator 08 Feb 2021
 

Memiliki motor yang sudah lama disimpan dan tidak digunakan tapi mau kamu nyalakan lagi? Terkadang ada beberapa orang yang membiarkan motornya tidak dipakai dalam waktu cukup lama, sampai akhirnya mereka ingin menggunakannya kembali. Namun tak sedikit orang yang menghadapi kendala saat ingin menghidupkan kembali sepeda motor mereka. Memang kamu tidak bisa sembarangan untuk menyalakan motor yang disimpan dalam waktu lama ini, tapi jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan cara berikut ini:

Menguras Bensin

Pertama kamu harus melihat apakah masih ada bensin di dalam tangki sepeda motor, segera bersihkan tangki dari sisa bensin yang ada karena bensin yang sudah lama ini akan mengganggu proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Setelah itu, isi kembali tangki dengan bensin yang masih baru agar bisa memaksimalkan proses pembakaran di dalam mesin.

Periksa Sistem Kelistrikan

Setelah melihat kondisi bensin, sekarang kamu bisa memeriksa sistem kelistrikan di sepeda motormu untuk melihat apakah masih bisa berjalan normal atau tidak. Kamu bisa memeriksa bagian ini dengan menyalakan kunci dan melihat bagian speedometer dan lampu – lampu yang ada di sepeda motormu. Kalau semuanya masih dalam kondisi normal, berarti sistem kelistrikan di sepeda motor masih bagus.

Periksa Ban

Bagian ban ini juga perlu kamu periksa karena saat disimpan dalam waktu yang lama biasanya angin akan berkurang dan mungkin terjadi kebocoran. Untuk itu kamu bisa melakukan perawatan pada ban sebelum menggunakannya kembali.

Ganti Oli

Oli pada motor yang disimpan dalam waktu lama ini akan mengendap dan sebaiknya kamu mengganti oli dengan yang baru sebelum menyalakan mesin sepeda motor. Oli baru pasti punya kualitas yang lebih baik, sehingga bisa melumasi komponen penting di dalam mesin jadi lebih sempurna.

Gunakan Kick Starter

Setelah memeriksa semua bagian tadi, sekarang kamu bisa menghidupkan sepeda motor. Posisikan motor pada standar tengah, dan injak engkol sekitar 10 sampai 15 kali saat kunci dalam posisi OFF agar oli bisa naik. Lalu kamu bisa mengganti posisi kunci menjadi ON dan nyalakan mesin menggunakan kick starter, usahakan untuk tidak menyalakan motor dengan electric starter.

Menghidupkan kembali sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan memang perlu kesabaran dan sedikit usaha, jadi tak perlu terburu – buru dan jangan lupa ikuti langkah – langkahnya.