Malas Servis Motor? Ini Dampaknya

By administrator 25 Jan 2021
 

Salah satu yang membuat sepeda motor nyaman dikendarai adalah dengan melakukan perawatan rutin seperti servis. Servis kendaraan ini akan memeriksa kondisi sepeda motor secara keseluruhan, mulai dari oli, rem, kelistrikan, pembakaran, sampai tekanan angin pada ban. Oli memang menjadi komponen yang penting dalam kendaran, tak heran kalau bagian ini harus diganti setiap kali kamu melakukan servis rutin pada sepeda motor.

Walaupun melakukan servis sepeda motor ini bisa dikatakan sangat penting, tapi masih saja ada pemilik kendaraan yang malas membawa sepeda motor mereka ke bengkel. Padahal yang mereka lakukan tersebut  dapat memberikan dampak buruk pada kendaraan, antara lain :

Mesin Mati Mendadak

Mesin yang tiba – tiba mati mendadak ini akan kamu rasakan ketika malas servis motor. Ini terjadi karena volume oli di dalam tangki berkurang atau bahkan habis sehingga komponen di dalamnya saling bergesekan dan membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Kalau sudah begini, segera bawa sepeda motormu ke bengkel untuk dilakukan perbaikan, dan tak menutup kemungkinan motor harus mengalami overhaul atau turun mesin.

Overheat

Setiap kali melakukan servis motor pasti akan dilakukan penggantian oli, kalau kamu malas ke bengjkel itu berarti oli sepeda motor juga akan lebih jarang diganti. Oli yang sudah tercampur dengan kotoran dari sisa pembakaran ini tidak akan maksimal dalam melindungi mesin, terlebih volume oli juga akan terus berkurang akibat adanya penguapan.

Oli yang semakin berkurang ini membuat pelumasan terhambat dan akhirnya kinerja mesin menjadi lebih berat karena komponen yang terbuat dari logam ini akan bergesekan satu sama lain. Gesekan antar komponen ini bisa menimbulkan panas berlebihan atau overheat pada mesin karena sudah tidak ada oli yang cukup untuk mendinginkan suhu.

Motor Tidak Nyaman

Motor yang dirawat dengan baik pasti lebih nyaman digunakan, saat kamu tidak merawatnya maka sudah bisa dipastikan motor tidak nyaman untuk dikendarai. Motor yang jarang di servis ini akan kehabisan oli dan akhirnya membuat mesin terdengar lebih kasar, tak hanya itu getaran yang berasal dari mesin juga bisa mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara.

Untuk menghindari kerusakan yang parah, sebaiknya kamu jangan malas melakukan servis motor. Lakukan servis ini setiap dua bulan sekali untuk menjaga kenyamanan serta keamanan kamu ketika berkendara di jalan raya.