Yuk, Ganti Oli Sendiri

By administrator 01 Des 2020
 

Malas Ke Bengkel tapi Harus Ganti Oli? Yuk, Ganti Oli Sendiri.

Sepeda motor yang nyaman dikendarai ini butuh perawatan yang baik, termasuk servis rutin dan juga ganti oli. Ganti oli memang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga performa sepeda motor, biasanya oli mesin diganti setiap 2.000 km – 4.000 km atau setiap dua sampai empat bulan sekali.

Tak perlu bingung mencari tempat untuk mengganti oli, karena sekarang ini banyak sekali bengkel yang memberikan jasa penggantian oli. Tapi bagaimana kalau kamu malas ke bengkel namun oli sudah harus diganti? Jangan khawatir karena kamu bisa mengganti oli ini sendiri di rumah.

Mengganti oli ini juga tidak sesulit yang kamu bayangkan, asalkan kamu mengikuti tata cara yang benar. Berikut ini cara mengganti oli yang mudah untuk dilakukan:

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti lap, kunci, dan baskom atau wadah menampung oli bekas.
  2. Posisikan wadah penampung oli bekas di bawah lubang pembuangan oli agar oli tidak berceceran, selanjutnya buka penutup lubang pembuangan menggunakan kunci. Tunggu sampai oli benar – benar bersih dan keluar dari tangki oli, kamu juga bisa membuka penutup lubang pengisian oli untuk mmpercepat proses ini.
  3. Setelah tidak ada lagi oli yang menetes, kamu bisa menutup kembali lubang pembuangan tadi. Pastikan penutup sudah terpasang sempurna untuk menghindari oli rembes.
  4. Masukkan oli yang baru melalui lubang pengisian dan kencangkan penutupnya dengan menggunakan kunci untuk menghindari tutup terlepas.

 

Agar proses ini lebih mudah, sebaiknya kamu mengganti oli saat mesin masih dalam kondisi dingin agar tidak ada sisa oli lama yang mengendap di dalam tangki.