Jangan Dibuang, Ini Manfaat Oli Mesin Bekas Pakai

By administrator 27 Feb 2020
 

Oli mesin memang harus diganti secara rutin agar mesin kendaraan seperti motor dapat bekerja lebih maksimal, tak heran kalau banyak sekali oli mesin bekas yang akhirnya terbuang begitu saja. Padahal oli mesin bekas pakai ini masih bisa kamu manfaatkan, jadi jangan langsung dibuang. Berikut beberapa cara memanfaatkan oli mesin bekas pakai:

  • Penghilang Karat pada Besi

Kamu bisa menggunakan oli mesin bekas pakai ini untuk menghilangkan karat pada besi, Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan oli bekas pada permukaan besi yang berkarat, tunggu beberapa saat, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap kasar, lalu siram dengan menggunakan air. Kalau masih belum bersih, kamu dapat mengulangnya sampai beberapa kali.

  • Pengawet Kayu

Oli mesin bekas motormu ini juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengawetkan kayu. Caranya mencampurkan oli mesin bekas dengan minyak solar dengan perbandingan 1 : 1, lalu oleskan campuran ini pada permukaan kayu dengan menggunakan kuas. Campuran ini akan mengawetkan kayu dan menghindarinya dari kerusakan.

  • Pelumas Rantai

Kalau oli mesin bekas motormu tidak mengandung terlalu banyak kotoran, kamu juga dapat menggunakannya untuk melumasi permukaan rantai agar tidak cepat aus. Caranya kamu perlu memilih oli mesin bekas yang masih bersih dan oleskan pada permukaan rantai secara merata. Tetapi kalau kamu sudah melihat kotoran yang cukup banyak, sebaiknya jangan kamu gunakan karena hanya akan merusak kondisi rantai.

  • Dijadikan Bahan Bakar

Oli mesin bekas ini juga dapat kamu jadikan bahan bakar ketika dalam kondisi darurat, sifatnya yang mudah terbakar tentu dapat membantu kamu menghemat biaya untuk membeli minyak ketika akan membakar sampah atau menyalakan lampu emergency.

Jadi sebaiknya kamu pertimbangkan kembali saat akan membuang oli mesin bekas pakai ketika kamu mengganti oli mesin motormu. Tak ada salahnya memanfaatkan oli mesin bekas pakai ini untuk digunakan kembali, asalkan kamu menggunakannya dengan cara yang bijak.