Jaga Kinerja Mesin Mobil dengan Oli yang Tepat

By administrator 02 Jan 2020
 

Oli memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan bermotor seperti mobil, terutama pada mesin yang memiliki kinerja tinggi. Oli memiliki kemampuan untuk melumasi mesin dan mengurangi gesekan antar komponen di dalamnya, selain itu juga mampu menjaga suhu mesin tetap dingin.

  • Sintetis vs Konvensional

Oli tersedia dalam dua jenis yaitu oli sintetis dan oli konvensional. Kedua jenis oli ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, oli sintetis dibuat dari campuran bahan – bahan kimia yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kinerja mesin mobilmu, sedangkan oli konvensional dibuat dari bahan alami berupa pembusukan tanaman dan hewan. Lalu, mana yang lebih baik? Oli sintetis dapat membuat mesin bekerja lebih lama dan menjaga suhu tetap dingin sehingga kamu akan lebih jarang mengganti oli. Sedangkan oli konvensional memiliki rentang waktu penggantian oli yang lebih pendek dibandingkan oli sintetis, jadi kamu akan lebih sering mengganti oli konvensional ini.

  • Gunakan Oli yang Tepat

Ada banyak jenis oli yang tersedia untuk kendaraan roda empat, tetapi tidak semua jenis oli baik untuk digunakan pada mobilmu. Kamu bisa menyesuaikan oli yang tepat untuk mobil dengan melihat buku panduan manual yang tersedia untuk pemilik. Biasanya di buku panduan ini akan tertera keterangan oli dengan konsistensi seperti apa yang cocok untuk digunakan pada mobilmu.

  • Periksa Oli secara Teratur

Fungsi utama oli adalah menjaga kinerja mesin mobil tetap optimal, untuk itu agar mesin mobil tak mengalami kendala, kamu perlu melakukan pemeriksaan oli secara rutin. Kalau kamu menemui oli yang sudah tidak layak pakai, sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru, begitu juga oli transmisi, power steering, dan minyak rem. Memeriksa oli secara teratur ini dapat menghindari kerusakan fatal pada kendaraanmu.

Oli harus diganti secara rutin sesuai dengan aturan dari pabrik, misalnya saja ketika jarak tempuh sudah mencapai 10.000 km atau masa pakai oli sudah mencapai enam bulan agar mobilmu tetap nyaman serta aman saat dikendarai.