Ini Saat yang Tepat Untuk Ganti Oli Skutik

By administrator 22 Nov 2019
 

Memiliki sepeda motor tentu harus paham apa saja yang wajib dilakukan untuk menjaga agar sepeda motor tetap nyaman digunakan. Tak hanya untuk sepeda motor bertransmisi manual, perawatan ini juga harus dilakukan untuk sepeda motor matik atau biasa disebut skutik. Skutik memang banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman untuk digunakan, terlebih pada kondisi jalan yang padat.

Tetapi kamu juga harus mengerti perawatan yang tepat untuk skutik kesayanganmu. Sebenarnya perawatan skutik ini juga tidak rumit, hanya saja kamu harus melakukan pergantian oli mesin dan oli transmisi secara rutin agar mesin menjadi lebih awet dan tidak menyebabkan kerusakan parah.

Lalu kapan sebaiknya kamu mengganti oli mesin dan oli transmisi ini? Sepeda motor termasuk skutik yang sudah menempuh jarak 2.000-3.000 km harus melakukan pergantian oli mesin, tetapi kalau kondisi jalanan yang kamu lewati lumayan padat tentu membuat mesin lebih bekerja ekstra dan kamu harus lebih cepat mengganti oli mesin dengan yang baru.

Sedangkan untuk oli transmisi, kamu harus melakukan pergantian oli ini setiap 8.000 km. Mengganti oli transmisi juga akan menghindari suara yang timbul dari dalam CVT dan membuat perpindahan transmisi terasa lebih halus. Jangan lupa untuk memilih oli terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mesin sepeda motor yang kamu gunakan.