Ini Dia Penyebab Oli Mesin Mobil Berkurang

By administrator 08 Jul 2019
 

Bagi pemilik kendaraan khususnya mobil, berkurangnya oli pasti bakal jadi momok yang sangat menakutkan. Pasalnya oli mesin memegang peran yang sangat penting dalam memaksimalkan kinerja mesin. Walaupun masih dalam batas wajar, namun tetap saja membuat kita sedikit khawatir. Jadi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan oli mesin mobil berkurang?

Penguapan Oli

Dalam kondisi suhu mesin yang sangat tinggi, oli mesin bisa saja menguap. Meskipun kasus seperti ini tergolong jarang terjadi. Umumnya, masalah ini terjadi saat sistem pendingin mesin tidak berjalan maksimal hingga mobil mengalami overheat.

Selain itu, masalah ini pun bisa terjadi karena penggunaan oli yang berkualitas buruk. Untuk mengatasinya, pastikan sistem pendingin mesin berjalan maksimal, dan pilih oli berkualitas saat melakukan pergantian oli.

Penggunaan Oli dengan Spesifikasi yang Tidak Sesuai

Jangan salah memilih oli! Sesuaikan spesifikasi pelumas dengan spesifikasi mobil Anda. Pasalnya jika mesin mobil Anda seharusnya menggunakan oli mobil yang kental, namun diberikan oli dengan SAE rendah alias encer, maka oli akan cepat menguap.

Kebocoran Carter atau Oil Pan

Jika masalah masih ditemukan, coba Anda pantau oil pan atau carter. Peranti tersebut  berfungsi untuk menampung oli mesin yang akan digunakan untuk melumasi seluruh komponen mesin di dalamnya. Biasanya sambungan antara carter dengan blok mesinlah yang mengalami kebocoran dan menjadi biang kerok rembesan oli. Buka carter, bersihkan seluruh sisa lem lama dan pasang kembali dengan menggunakan pelapis lem sealant berkualitas.

Kebocoran Baut Pembuangan oli

Drain plug atau lebih dikenal baut pembuangan oli berfungsi untuk membuka jalan pembuangan oli dari dalam ke luar. Komponen baut ini selalu dilengkapi dengan seal untuk menjaga agar oli tidak merembes melewati celah uril.

Setiap komponene tentunya memiliki masa pakai, seiring dengan bertambahnya usia mesin, dan seringnya komponen ini dibongkar pasang dalam kondisi suhu mesin yang masih panas, memungkinkan baut mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi masalah bocor pada bagian baut pembuangan, kalian bisa mengganti karet seal-nya lebih dulu. Jika masalah ini belum tertangani, segera ganti drain plug dengan yang baru. Atau dalam beberapa kondisi kalian bisa menggunakan solasi pipa untuk membungkus ulir baut.