Daftar Penyebab Oli Mesin Mobil Berkurang

By administrator 10 Des 2018
 

Pernahkah Anda mendapati oli mesin mobil kesayangan berkurang? Padahal mobil dalam keadaan sehat-sehat saja. Misalnya, ketika mengecek dipstick lalu informasi yang didapat ialah oli di bawah batas minimum.

Tak perlu bingung menghadapi situasi seperti ini. Namun, bukan berarti juga boleh membiarkannya.

Berkurangnya oli mesin bisa disebabkan banyak faktor. Sebab yang sering kita dengar adalah hal tersebut penguapan. Penguapan oli mesin mungkin saja terjadi, walaupun jarang terjadi.

Penguapan bisa terjadi karena penggunaan oli yang tak sesuai spesifikasi mesin. Misalnya, mesin mobil seharusnya menggunakan oli yang kental, namun diberi SAE rendah yang artinya oli cukup encer.

Oli encer bisa cepat menguap. Apalagi bila digunakan pada mesin kapasitas besar. Selain itu penguapan itu juga dikarenakan daya gesek piston pada mobil bermesin besar yang lebih kuat.

Sebab oli mobil berkurang selain penguapan

Namun, bila oli yang dipakai sudah sesuai dengan spesifikasi tapi masih saja ditemui pengurangan, maka ada baiknya kita memeriksa beberapa bagian berikut. Anda bisa mulai memeriksa drain plug, bagian berupa baut di carter oli yang berfungsi sebagai saluran buang oli dari mesin.

Seiring bertambahnya usia pakai kendaraan, drain plug mungkin saja mengalami kebocoran. Cobalah ganti seal-nya terlebih dahulu, namun bila masih terjadi kebocoran maka ganti drain plug-nya.

Bila masalah masih juga ditemui, selanjutnya kita bisa mengecek kondisi carter atau oil pan itu sendiri. Komponen ini ibarat bak yang dipakai untuk menampung oli mesin. Posisinya di bawah dan disambungkan ke blok mesin.

Tak jarang ditemui sambungan carter dan blok mesin mengalami kebocoran. Untuk memperbaikinya kita perlu melepasnya dan memasangnya kembali. Namun yang lebih penting ialah prosesnya, di mana kita perlu membersihkan sisa-sisa lem sambungan. Kemudian memberi lem baru yang berkualitas agar menghindari celah di sambungan.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan oli mesin berkurang. Untuk pemeriksaan menyeluruh, kita bisa menggunakan jasa mekanik profesional agar mobil bisa langsung mendapat penanganan.