Cara Mudah Perbaiki Oli Mobil Bocor di Rumah

By administrator 02 Jun 2020
 

Rasa panik memang kerap kali muncul saat kamu melihat rembesan oli yang bocor di bawah mobil, rasanya pasti ingin buru – buru pergi ke bengkel untuk memeriksakan kondisi mobilmu. Sebenarnya sangat wajar kalau kamu merasakan ketakutan ini karena oli yang bocor bisa menyebabkan masalah lain yang lebih berbahaya pada mobilmu. Tetapi ada baiknya sebelum ke bengkel, kamu melakukan pengecekan kondisi mobilmu sendiri karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebocoran oli tanpa perlu datang ke bengkel. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi rembesan oli di bawah mobil:

  • Mengganti Gasket

Kebocoran oli yang terjadi pada bak oli atau packing carter ini bisa terjadi karena gasket atau penutup yang dibuat dari karet sudah mengeras dan rusak sehingga oli lebih mudah keluar dari bak. Untuk itu kamu bisa mengganti gasket dengan yang baru untuk mencegah kebocoran oli terjadi lagi.

  • Mengencangkan dan Mengganti Baut

Oli yang bocor di mobilmu juga bisa disebabkan karena adanya kesalahan saat pemasangan, seperti baut yang terlalu longgar atau terlalu kencang saat dipasang. Untuk itu kamu bisa mengencangkan baut ini untuk menghentikan kebocoran, tetapi kamu juga perlu hati – hati sebab pemasangan baut yang terlalu kencang juga bisa membuat kebocoran semakin parah. Jika sudah terjadi seperti ini, ada baiknya kamu segera mengganti baut dengan yang baru.

  • Menggunakan Sealant

Kalau oli mobilmu tetap menetes sedikit, kamu bisa menggunakan sealant yang berkualitas untuk membantu menghentikan rembesan oli. Sealant ini seperti lem terbuat dari silicon yang memang dibuat untuk membantu menghentikan kebocoran oli yang terjadi pada mesin mobilmu.

Oli yang bocor memang berbahaya, tetapi tak ada salahnya kamu mencoba mengatasi kebocoran oli ini sendiri sehingga rembesan bisa diatasi lebih cepat.