Cara Mudah Memeriksa Oli Sepeda Motor

By administrator 29 Apr 2020
 

Setiap kendaraan bermotor membutuhkan oli untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin agar terhindar dari gesekan antara komponen. Oli memang punya peranan yang penting untuk kendaraan, termasuk pada sepeda motor. Untuk itu oli perlu diperiksa agar jumlahnya sesuai dengan kebutuhan di sepeda motormu, bentuknya yang cair ini membuat oli lebih mudah menguap dan berkurang volumenya sehingga sangat berbahaya kalau oli di sepeda motormu sampai kering. Cara memeriksa oli ini juga mudah, dan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

  • Posisikan Sepeda Motor dengan Benar

Posisikan sepeda motormu dengan benar di tempat yang rata dan jangan lupa untuk menggunakan standar tengah. Pastikan juga mesin sudah dalam keadaan dingin agar semua oli masuk ke dalam bak.

  • Cek Oli menggunakan Dipstick

Buka penutup dan bersihkan dipstick dari sisa oli yang menempel, masukkan kembali ke dalam bak oli dan keluarkan perlahan. Pastikan oli kamu dalam jumlah yang cukup atau berada di atas tanda low, kalau oli sepeda motormu sudah berada di bawah tanda low, itu berarti kamu harus segera menambahkan oli ke dalam bak oli.

Selain memeriksa ketinggian oli di dalam bak oli sepeda motormu, kamu juga harus memeriksa warna serta tekstur dari oli. Kalau oli sudah berubah wana menjadi kehitaman, itu berarti sudah saatnya kamu mengganti oli mesin dengan yang baru. Begitu juga saat kamu merasakan tekstur oli seperti memiliki bulir, ada baiknya kamu segera mengganti oli karena oli sudah penuh dengan kotoran.