Cara Mudah Memeriksa Kualitas Oli Mobil

By administrator 20 Apr 2020
 

Oli mobil perlu kamu periksa kualitasnya agar oli dapat bekerja dengan baik dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam mesin mobilmu. Kamu dapat melihat kondisi oli melalui lampu indikator, apabila lampu menyala lebih dari 3 detik itu dapat diartikan kalau oli mobilmu sudah berkurang dan harus ditambah.

Tetapi kalau kamu kurang yakin, kamu bisa memeriksanya secara langsung dengan melihat level oli di mobilmu. Pertama kamu harus posisikan mobil pada tempat yang rata, pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin agar oli mengendap di bawah sehingga hasilnya dapat lebih akurat.

Kemudian kamu dapat membuka kap mobil dan mencari dipstick atau alat pengecek level oli, biasanya terletak dibagian atas mesin. Setelah itu kamu dapat menarik dipstick keluar dan bersihkan bagian ujung dipstick menggunakan lap bersih, masukkan dipstick ke dalam tabung dan tarik kembali untuk melihat oli berada pada posisi mana.

Ada dua tanda diujung dipstick, pertama F yang berarti full dan L yang berarti low, sebagian tanda hanya berupa 2 titik atau  2 lubang kecil pada bagian ujungnya, oli yang baik berada pada level antara F dan L. Jika oli menunjukkan pada level L, kamu harus segera menambah oli mesin, dan harus menguranginya ketika oli berada di atas level F.

Setelah memeriksa level oli, selanjutnya kamu bisa memeriksa warna oli mesin mobilmu, kalau kamu menemukan kondisi oli sudah semakin gelap dan berbusa, apalagi kalau oli sudah terasa kasar saat dipegang, itu berarti oli sudah bercampur logam dan kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.