Cara Kerja Oli pada Mesin Mobilmu

By administrator 27 Apr 2020
 

Oli memiliki peranan yang sangat penting untuk mesin karena oli dapat melumasi komponen – komponen di dalam mesin agar tidak saling bergesekan antara satu dengan yang lainnya sehingga mesin akan tetap bersih dan terhindar dari overheat. Tetapi sebenarnya bagaimana cara kerja oli pada mesin mobilmu sehingga bisa membuat mesin lebih awet?

Oli berada pada oil pan saat mobil dalam keadaan dingin, setelah mesin mobil dinyalakan maka oli akan masuk ke dalam pompa oli setelah melewati oil stainer untuk menghindari kotoran ikut terbawa ke dalam pompa. Oli akan di pompa dan didistribusikan ke seluruh komponen mesin untuk melumasi agar tidak saling bergesekan.

Meningkatnya putaran mesin di mobilmu juga akan berpengaruh pada tekanan oli, tetapi oil pressure regulator akan menahan tekanan dan oli dikembalikan ke oil pan dengan membuka relieve valve. Oli juga akan melewati filter oli agar oli menjadi lebih bersih sebelum memasuki oil cooler.

Setelah melewati oil cooler, oli yang sudah dingin akan masuk ke dalam main gallery silinder block dan akan melumasi komponen lainnya seperti pin piston, rocker arm, dan camshaft. Setelah semua komponen penting di dalam mesin sudah terlumasi dengan sempurna, oli akan kembali ke oil pan.

Cara kerja oli mesin pada mobilmu akan berulang terus, untuk itu sangat penting menjaga kualitas oli mesin mobilmu agar semua komponen dapat terlumasi dengan baik dan terhindar dari kerusakan. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa oli dan menggantinya setiap enam bulan sekali atau disesuaikan dengan pemakaian.