Cara Gampang Cek Volume Oli Mobil

By administrator 22 Nov 2018
 

Mesin mobil membutuhkan oli untuk menunjang proses kerjanya. Maka itu ada baiknya kita selalu mengecek volume atau jumlah seberapa banyak oli yang ada di dalam mesin. Hal ini penting dilakukan karena banyak jenis kerusakana mesin mobil yang berawal dari kurangnya oli mesin.

Mesin mobil membutuhkan volume oli yang bervariasi, tergantung dari besar kecilnya mesin tersebut. Ada kalanya proses kerja mesin menyebabkan jumlah oli mesin menurun secara kualitas dan berkurang volumenya. Beruntung, mobil-mobil sekarang sudah banyak yang dilengkapi indikator  di dasbornya khusus untuk meninjau volume oli.

Meski sebenarnya kita juga bisa melakukan cara manual untuk hal itu, yaitu dengan memanfaatkan dipstick. Cara ini juga bisa dipakai untuk “mengkonfirmasi” informasi yang diberikan oleh lampu indikator di dasbor.

Persiapan cek oli mesin mobil pakai dipstick

Untuk mengecek volume oli mesin menggunakan dipstcik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelumnya. Pertama, kita perlu memarkir mobil di atas permukaan aspal yang rata. Lalu nyalakan mesin mobil selama sepuluh hingga lima belas menit. Setelahnya, barulah matikan mesin, buka kap mesin, dan cari dipstick.

Sekadar informasi bagi yang awam, dipstick posisinya ada di blok mesin dengan tutup bagian atas berwarna. Ada yang berwarna merah, kuning, biru, atau kadang hitam.

Proses mengecek oli mesin mobil pakai dipstick

Untuk mulai melakukan pengecekan, kita bisa mencabut dipstick dan membersihkan sisa oli yang tertinggal menggunakan lap atau tisu. Kemudian masukkan lagi, lalu lihat di posisi mana bekas oli berada.

Sebuah dipstick biasanya memiliki tiga garis di ujungnya yang memiliki arti masing-masing. Garis pertama sebagai penanda volume oli minimum, rata-rata, dan maksimum. Kita bisa menggunakan garis-garis tersebut untuk menakar seberapa banyak volume oli yang ada di dalam mesin mobil tergantung dari hasil pengecekan dipstick.

Bila volume oli mesin diketahui kurang segera lakukan penanganan karena volume oli yang tak sesuai takaran seharusnya berpotensi merusak mesin.