Begini Cara Memilih Oli Motor Terbaik

By administrator 11 Mei 2018
 

Pastinya kita ingin selalu menggunakan oli motor yang bagus. Anggapannya, produk unggulan bisa menghadirkan performa mesin maksimal sekaligus efek pelumasan dan perlindungan terbaik. Untuk itu kita bisa melakukan beberapa langkah cara memilih oli terbaik untuk kendaraan kita.

Memilih oli idealnya disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kata lain, tingkat viskositas atau kekentalan oli tersebut haruslah sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Ambil contoh untuk motor Honda kebanyakan membutuhkan oli SAE 10W-30. Sedangkan motor-motor Yamaha justru disarankan menggunakan oli SAE 10W-40.

Perbedaan tersebut ditentukan oleh teknologi yang diadopsi oleh masing-masing merek motor.

Yang paling penting untuk diperhatikan dari kode viskositas (SAE) adalah angka di belakangnya. Di mana semakin kecil angkanya, berarti oli tersebut makin encer. Pada nilai SAE oli multi grade seperti itu angka di belakang menunjukkan ketahanan oli pada suhu tinggi atau panas. Sedangkan angka depan menandakan ketahanan di suhu dingin (W = Winter).

Dalam memilih oli motor untuk di negara beriklim tropis seperti Indonesia, parameter angka awal bisa menjadi pertimbangan kesekian.

 

Pentingnya Standar Pelumas

 Cara memilih oli motor terbaik yang selanjutnya ialah dengan memastikan produk tersebut memiliki sertifikasi atau standar yang paten.

Untuk memastikan produk oli motor aman bagi mesin, ada yang dinamakan standar JASO (Japanese Automotive Standars Organization.) Kebanyakan produsen kendaraan mensyaratkan oli berstandar JASO yang layak untuk mesin kendaraannya.

Oli motor yang memenuhi standar JASO dipecah lagi ke dalam empat kategori, meliputi JASO MA, JASO MA1, JASO MA2, dan JASO MB. Klasifikasi ini dibuat berdasarkan hasil serangkaian uji coba, contohnya tes kelayakan pelumasan sistem kopling dan sebagainya. Syarat lainnya ialah oli harus memenuhi salah satu tingkat kualitas; API, ILSAC, atau ACEA.

Oli Sintetik atau Mineral?

 Bagi pemilik motor model baru dan punya daya beli lebih, sangat disarankan untuk menggunakan oli sintetik. Karena oli sintetik sejalan dengan teknologi modern yang terdapat di dalam mesin kendaraan itu sendiri.

Cara memilih oli motor terbaik bisa dilihat dari bahan dasar oli tersebut. Seperti diketahui bahwa oli sintetik menggunakan bahan dasar minyak bumi yang telah diolah kembali. Hal ini membuat sifat-sifat yang tak diinginkan dari sebuah pelumas bisa dieliminasi.

Formula yang dihasilkannya menawarkan performa lebih baik dibanding oli mineral atau semi sintetik. Jadi wajar saja kalau harganya relatif lebih mahal.