Awas! Jangan Pakai Oli Matik untuk Motor Manual

By administrator 02 Des 2019
 

Oli berfungsi untuk melumasi mesin kendaraan agar tidak terjadi gesekan pada komponen-komponen mesin dan menjaga agar mesin selalu dalam kondisi prima. Oli mesin ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan, misalnya saja oli mesin yang dikhususkan untuk sepeda motor matik ataupun sepeda motor manual.

Jadi jangan sampai salah memilih oli untuk sepeda motormu, terlebih jika kamu menggunakan sepeda motor manual. Sepeda motor manual membutuhkan oli dengan kandungan aditif yang dapat menghindari terjadinya slip pada kopling. Jadi, ada baiknya kamu memperhatikan spesifikasi oli dan sesuaikan dengan kebutuhan sepeda motormu.

Menggunakan oli yang salah untuk sepeda motor memang tidak dapat memberikan dampak langsung secara cepat, tetapi jika dilakukan terus-menerus maka akan meningkatkan risiko kerusakan mesin. Motor dengan tranmisi manual menggunakan kopling basah, biasanya oli untuk kopling basah ini memiliki kode JASO MA. Oli yang diperuntukan untuk sepeda motor manual ini mengandung zat aditif yang dapat membersihkan kotoran dari kopling.

Sedangkan untuk sepeda motor matik menggunakan kopling kering, yang memiliki kode JASO MB. Oli untuk kopling kering ini tidak memiliki zat aditif anti slip dan biasanya oli jenis ini akan lebih licin. Kalau kamu menggunakan oli sepeda motor matik untuk sepeda motor manual, maka risiko terjadinya kopling selip menjadi lebih besar. Jadi jangan sembarangan memilih oli mesin, pilihlah oli mesin yang paling sesuai dengan jenis sepeda motormu.