Apa yang Terjadi saat Piston Motor Rusak?

By administrator 19 Jan 2021
 

Walaupun berukuran kecil, komponen ini punya peranan yang sangat penting di sepeda motor. Tanpa adanya komponen ini maka sepeda motormu tidak akan bisa dinyalakan, bahkan bisa membuat kendaraan mogok sewaktu – waktu ketika piston sudah mulai aus. Rusaknya piston ini tidak hanya menyulitkan sepeda motor untuk dinyalakan, tetapi juga bisa membuat kerusakan lainnya. Berikut ini masalah yang ditimbulkan saat piston motor rusak:

Keluar Asap Putih

Motor bermesin 4 tak dalam kondisi lumbung pacu yang baik tidak akan mengeluarkan asap dalam jumlah banyak. Tetapi saat kamu melihat asap putih keluar dari knalpot ini bisa menjadi pertanda bahwa adanya kerusakan piston motor. Segera bawa sepeda motor kesayangan ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Motor Sulit Dinyalakan

Sepeda motor yang sulit dinyalakan juga bisa jadi pertanda kalau piston motor mengalami kerusakan, terlebih ketika mesin sering mati mendadak saat digunakan. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan sepeda motor sulit dinyalakan, untuk memastikannya kamu bisa datang langsung ke bengkel terdekat dan memeriksa lebih detail kondisi sepeda motor.

Oli Cepat Habis

Sepeda motor yang mengeluarkan asap putih ini jika dibiarkan terus – menerus bisa membuat oli mesin lebih cepat habis karena oli ikut terbakar. Oli yang cepat habis ini akan menimbulkan masalah baru di sepeda motormu karena komponen mesin tidak bisa terlumasi dengan baik. Jadi sebaiknya bawa segera sepeda motormu ke bengkel agar masalah kerusakan di motormu lebih cepat ditangani.

Suara Mesin Kasar

Walaupun perubahan suara mesin sepeda motor ini tidak selalu disebabkan oleh kerusakan piston, tapi ketika piston aus maka bisa menimbulkan suara kasar yang keluar dari mesin sepeda motormu. Jadi ada baiknya kamu memastikan masalah yang terjadi di sepeda motormu ini dengan memeriksakan pada ahlinya agar penanganan yang diberikan lebih tepat sasaran.

Memperbaiki kerusakan piston sepeda motormu lebih cepat bisa meminimalisir timbulnya kerusakan lainnya yang lebih parah.