Apa yang Terjadi saat Mobil Bensin Menggunakan Oli Mobil Diesel

By administrator 10 Agu 2020
 

Oli mesin dibutuhkan oleh semua jenis kendaraan bermotor, baik yang berbahan bakar bensin maupun berbahan bakar solar. Walaupun sama – sama berfungsi untuk melumasi komponen di dalam mesin agar tidak saling bergesekan, oli yang dibutuhkan mobil dengan bahan bakar bensin berbeda dengan mobil berbahan bakar solar.

Perbedaan yang paling mendasar adalah kadar kekentalan atau viskositas dari oli mesin tersebut dan kandungan detergen yang ada pada oli. Oli mesin untuk mobil diesel yang berbahan bakar solar ini tingkat kekentalannya lebih tinggi dan kandungan detergennya juga lebih banyak karena memang didesain untuk bekerja lebih berat dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin.

Oli yang tingkat kekentalannya lebih tinggi memang mampu menjaga kualitas oli mesin agar tidak cepat rusak, dan kandungan detergen di dalamnya juga berfungsi untuk membersihkan mesin dari kerak sehingga kinerjanya tetap maksimal. Tetapi walaupun begitu, penggunaan oli ini harus sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Jangan sampai kamu menggunakan oli mesin mobil berbahan bakar solar untuk mobil berbahan bakar bensin.

Saat kamu menggunakan oli untuk mesin diesel di mobil bensin, risiko mengalami kerusakan mesin mobil akan semakin tinggi karena kinerja mesin menjadi lebih berat sebab oli yang digunakan terlalu kental. Selain itu, risiko munculnya endapan pada mesin juga menjadi lebih tinggi karena kandungan detergen yang cukup banyak di dalam oli mesin mobil diesel. Tak hanya itu, saat sirkulasi oli mesin kurang baik maka konsumsi bahan bakar mobilmu juga akan menjadi lebih boros.

Sebaliknya jika kamu menggunakan oli mesin mobil bensin untuk mobil diesel juga akan mengalami risiko yang sama, oli yang terlalu cair akan membuat system pendingin yang ada pada mesin diesel tidak bisa bekerja maksimal dan jika dibiarkan mesin akan lebih cepat rusak. Selain itu, kandungan detergen yang lebih sedikit juga bisa membuat kerak muncul pada komponen mesin dan membuat piston memuai sehingga mesin bisa berhenti bekerja. Jadi sebaiknya kamu menggunakan oli yang sesuai dengan kebutuhan mobilmu agar mesin terhindar dari kerusakan sehingga mobil bisa lebih awet.