Alasan Mengapa Oli Motormu Cepat Habis

By administrator 24 Jun 2020
 

Peranan oli pada kendaraan bermotor memang sangat penting, tak jarang kalau banyak sekali yang menyarankan pengendara untuk rutin memeriksa kondisi oli mereka. Biasanya para pemilik kendaraan ini memeriksa oli dengan menggunakan dipstick, saat oli berada di bawah indikator lower, itu berarti kamu harus segera menambahkan oli. Tetapi kalau kamu merasa bahwa oli yang ada di sepeda motormu cepat habis, mungkin beberapa alasan ini bisa menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi:

  • Cara Berkendara yang Tidak Baik

Cara berkendara yang  tidak baik di jalan raya juga menjadi salah satu penyebab mengapa oli motormu lebih cepat habis. Kebiasaan untuk memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak ini membuat oli lebih cepat menguap dan akhirnya berkurang jumlahnya.

  • Ring Piston Aus

Ring piston ini berada di dalam mesin untuk mencegah udara masuk ke dalam penampungan oli, tetapi saat ring piston aus maka kerapatannya akan berkurang dan bisa membuat udara terlalu banyak masuk ke ruang oli serta menyebabkan sepeda motormu mengeluarkan asap yang cukup banyak.

  • Oli Kotor

Oli yang kotor karena jarang dilakukan penggantian juga bisa membuat oli lebih cepat habis. Kotoran ini akan menyumbat dan membuat beberapa komponen di dalamnya menjadi aus dan akhirnya konsumsi oli menjadi lebih banyak. Untuk itu kamu perlu mengganti oli secara rutin setiap 2.000 – 3.000 km, karena saat sepeda motor digunakan, oli yang ada di dalam juga akan mengalami penguapan dan membuat volume oli berkurang.

  • Adanya Kebocoran Oli

Kebocoran oli juga menjadi penyebab kenapa oli di sepeda motormu lebih cepat habis. Untuk itu kamu perlu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk melihat apakah ada rembesan oli di bawah sepeda motormu, kalau kamu menemukan titik – titik rembesan oli, segera lakukan perbaikan dengan menambal kebocoran dengan menggunakan sealer.

Untuk menghindari berkurangnya oli di sepeda motormu, sebaiknya kamu rutin melakukan pemeriksaan dan jangan lupa untuk merawat sepeda motormu dengan baik.