3 Sebab Suara Mesin Kasar saat Kondisi Panas

By administrator 01 Feb 2021
 

Mendengar suara yang tidak biasa dari mesin mobil tentu membuat kamu panik, terlebih suara itu belum pernah kamu dengar sebelumnya. Misalnya saja suara mesin yang tiba – tiba berubah menjadi kasar saat dalam kondisi panas. Suara yang tidak biasa ini memang bisa membuat kamu bingung, dan berpikir apa yang sebenarnya terjadi pada mobilmu. Tak perlu menebak, ini tiga sebab suara mesin kasar saat dalam kondisi panas:

Masalah pada Celah Katup

Saat mesin bekerja dan sudah dalam kondisi panas, batang katup yang terbuat dari logam ini akan memuai. Untuk itu harus ada celah yang cukup antara rocker arm dan katup agar tidak terjadi benturan. Kalau celah ini terlalu sempit maka saat mesin panas akan timbul suara yang kasar.

Walaupun begitu, jarak antara batang katup dan rocker arm ini juga tidak boleh terlalu renggang karena bisa menimbulkan suara yang kasar. Sebab batang katup bergesekan dengan komponen lain. Jadi sebaiknya kamu mengatur jarak celah katup ini untuk menghindari suara kasar yang timbul saat mesin dalam kondisi panas.

Rusaknya Bearing

Bearing berfungsi untuk menghindari dua komponen saling bergesekan yang bisa menimbulkan panas berlebihan pada mesin mobil. Keberadaan bearing ini sangat penting pada mesin mobil, dan umumnya bearing akan mengembang seiring dengan meningkatnya suhu pada mesin. Ketika bearing sudah mengalami kerusakan, ia tidak akan memuai dan ini bisa menimbulkan bunyi kasar saat mesin sudah dalam kondisi panas.

Penggunaan Oli yang Terlalu Encer

Oli punya peranan yang penting pada kendaraan, untuk itu oli mesin harus diganti secara rutin setiap enam bulan sekali. Tetapi kamu juga harus memperhatikan oli yang digunakan, jangan sembarangan memilih oli karena bisa membuat berkendara menjadi kurang nyaman.

Seperti halnya ketika kamu mendengar suara mesin yang kasar saat dalam kondisi panas, ini bisa disebabkan oleh penggunaan oli mesin yang terlalu encer. Untuk itu pilihlah oli yang kekentalannya sesuai dengan kebutuhan mobilmu. Dan selalu ingat untuk mengganti oli tepat pada waktunya agar komponen mesin terhindar dari kerusakan akibat kurangnya pelumasan.

Suara mesin yang kasar tentu mengganggu konsentrasimu, dan yang paling parah bisa merusak komponen penting di dalam mobil. Untuk itu segera cari penyebabnya dan bawa ke bengkel agar lebih cepat diperbaiki.