3 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Mengganti Oli Mobil

By administrator 18 Mei 2020
 

Komponen yang ada pada mesin mobil membutuhkan pelumas agar terhindar dari gesekan antara satu komponen dengan komponen lainnya. Oli juga membutuhkan perawatan agar tetap dapat bekerja maksimal melindungi mesin mobilmu dari kerusakan. Berikut ini ada tiga hal yang perlu kamu tahu tentang pergantian oli:

  • Seberapa sering Oli Harus Diperiksa

Oli yang ada di mobilmu harus diperiksa secara rutin, minimal sebulan sekali agar kamu bisa mengetahui level oli di dalam mesin mobilmu. Kamu dapat menggunakan dipstick untuk membantu melihat oli mesin, oli yang masih dalam keadaan baik berada pada tengah – tengah indikator dipstick antara low dan high. Setelah itu kamu juga dapat memeriksa kualitasnya dengan mengecek warna serta tekstur oli mobilmu.

  • Seberapa sering Mengganti Oli

Oli mesin memang harus dilakukan pergantian secara rutin, sesuai buku petunjuk perawatan mobil .Hal ini berlaku untuk mobil yang sering ataupun jarang digunakan, tetapi kamu juga dapat menggantinya lebih cepat ketika melihat kondisi oli sudah mengalami perubahan warna atau tekstur yang signifikan saat kamu memeriksanya.

  • Bagaimana Cara Memilih Oli Terbaik

Kamu dapat menggunakan oli yang direkomendasikan pabrik, tetapi kamu juga perlu tahu tentang kekentalan oli yang cocok untuk mobilmu. Oli yang kekentalannya tidak sesuai dapat membuat kinerja mesin mobilmu tidak maksimal, kekentalan oli itu dilambangkan dengan Society of Automotive Engineer (SAE), semakin besar angkanya maka kekentalannya juga semakin tinggi. Selain itu kamu juga perlu memilih bahan dasar pembuatan oli, seperti oli berbahan dasar mineral dan oli sintetis.

Merawat oli mesin mobilmu dengan baik dan menggantinya secara rutin akan membuat mobil terasa semakin nyaman dan mesin berumur panjang, serta terhindar dari kerusakan.