3 Hal tentang Oli yang Perlu Kamu Ketahui

By administrator 24 Nov 2020
 

Oli pada mesin kendaraan memiliki peranan yang sangat penting, selain melumasi mesin agar bisa bekerja lebih baik, oli juga mampu membuat mesin lebih awet dan terhindar dari kerusakan. Oli memiliki kemampuan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin serta mencegah timbulnya karat.

Setiap kendaraan seperti mobil memang membutuhkan oli, tetapi oli yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan mesin mobilmu. Sebab memakai oli yang tidak sesuai akan menimbulkan kerusakan pada mesin mobil. Berikut ini ada tiga hal tentang oli yang perlu untuk kamu ketahui sebelum menentukan mana oli mobil terbaik.

  1. Tingkat Kekentalan

Tingkat kekentalan oli ini juga berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan mobil, biasanya kekentalan ini ditandai dengan kode SAE atau Society of Automotive Engineers. Angka yang ada pada SAE ini menunjukkan tingkat kekentalan oli, semakin kecil angkanya maka semakin encer olinya, begitu juga sebaliknya. Tetapi oli yang baik mampu menyesuaikan dengan perubahan suhu atau biasa disebut oli multigrade dan ditandai dengan kode seperti SAE 5 W-20 atau SAE 10 W–40.

  1. Kualitas Oli

Oli yang baik mampu melindungi mesin dari panas, debu, serta karat yang mungkin timbul akibat adanya sisa pembakaran. Oli yang berkualitas juga bisa membuat mobil lebih nyaman dikendarai dan mesin lebih tahan lama. Untuk melihat kualitas oli ini, kamu bisa melihat kode API atau American Petrolium Institute pada kemasan oli. Kode API untuk mesin bensin biasanya memiliki kode huruf S, sedangkan untuk mesin diesel menggunakan kode huruf C. Huruf kedua yang ada pada kode API menunjukkan oli dibuat untuk mobil yang seperti apa, semakin jauh hurufnya dan mendekati huruf Z, itu berarti oli ditujukan untuk mobil keluaran terbaru.

  1. Jenis Oli

Saat ini ada beberapa jenis oli yang banyak beredar di pasaran, seperti oli sintesis dan non sintesis. Oli sintesis sendiri dibuat menggunakan minyak bumi yang memiliki campuran bahan kimia, sedangkan oli non sintesis dibuat langsung dari minyak bumi murni. Oli sintesis memang memiliki keunggulan dibandingkan oli non sintesis karena mampu melumasi mesin lebih baik, tahan lama, stabil pada suhu tinggi, dan mampu mencegah endapan kotoran dari sisa pembakaran di dalam mesin.

Memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih baik, tetapi jangan lupa untuk melakukan perawatan pada oli secara rutin dengan menggantinya sesuai dengan aturan waktu penggantian oli.